5 Bahaya Fatal Jika Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Advertisemen
Bacakesehatan.com | Pernahkah Anda mendengarkan bahwa kalau makan dan minum dianjurkan harus duduk? Ya, ucapan tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Baik itu atas dasar agama atau tradisi kalau makan dan minum sambil berdiri dianggap tidak baik, ternyata minum sambil berdiri juga tidak baik bagi kesehatan.

Secara medis saat minum sambil duduk membuat saraf-saraf pada tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk. Anjuran makan dan minum untuk tidak berdiri, sebaiknya jangan Anda abaikan, sebab sejumlah masalah pada kesehatan juga bisa terjadi karena Anda minum sambil berdiri. Akibat fatal apa saja kah yang bisa di sebabkan karena minum sambil berdiri? Berikut penyakit yang bisa terjadi akibat Anda minum sambil berdiri.

1. Memicu Arthritis

Terganggunya keseimbangan dalam cairan tubuh dapat memicu penyakit arthritis, hal ini mengakibatkan peradangan pada sendi. Selain memicu peradangan, arthritis juga dapat mengakibatkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan pada bagian sendi. Seseorang yang terserang penyakit sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak bebas.

2. Naiknya Asam Lambung

Jika Anda terlalu sering minum sambil berdiri bagian tubuh yang paling berdampak adalah pada bagian lambung. Naiknya asam lambung ini di sebabkan oleh tekanan air yang diminum ketika berdiri mengejutkan di bagian saluran (sphincter) yang mengarah ke lambung.

Hal ini dapat menyebabkan tercampurnya asam di lambung naik ke arah sebaliknya sehingga dapat menyebabkan sensasi panas dibagian perut.

3. Merusak Ginjal

Minum sambil berdiri juga tidak baik bagi kesehatan ginjal sebab minum sambil berdiri membuat filter penyaringan dalam ginjal tidak bekerja dengan baik sehingga air minum akan langsung menuju kandung kemih tanpa melewati proses penyaringan terlebih dahulu.

4. Luka pada lambung

Ketika minum sambil berdiri kondisi air akan masuk ke lambung secara tiba-tiba dan mengalir secara tidak merata yang dapat menyebabkan makanan dalam lambung sulit untuk dicerna. Selain itu, minum sambil berdiri juga dapat mengakibatkan terkikisnya dinding dalam lambung. Padahal, lambung adalah bagian tubuh yang paling penting dalam pencernaan sehingga saat terjadi kerusakan di bagian lambung dapat menyebabkan bahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

5. Saraf Terganggu

Akibat buruk minum sambil berdiri yang terakhir adalah terganggunya sistem saraf. Saat Anda minum sambil berdiri urat saraf akan menjadi tegang, urat saraf simpatis ini akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Sedangkan jika Anda minum sambil duduk sistem saraf parasimpatik akan aktif yang dapat meringankan proses pencernaan dan menenangkan pikiran.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Baca Kesehatan - All Rights Reserved - BLAGIOKE