5 Gejala Diabetes Tak Terduga yang Harus Anda Waspadai

Advertisemen
Bacakesehatan.com | Gejala diabetes tidak selamanya di tandai dengan rasa haus, sering buang air kecil terlalu sering, maupun kaki merasa kesemutan atau mati rasa. Namun sebenarnya ada gejala-gejala lain yang tidak begitu tampak yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah pada kadar gula darah Anda.

Dengan mengetahui gejala-gejala yang tidak tampak jelas ini membuat Anda lebih sigap dalam mengambil tindakan apabila kadar gula Anda di atas normal sehingga Anda dapat meningkatkan aktivitas fisik atau memeriksakan diri Anda ke dokter. Lantas, apa saja kah gejala-gejala diabetes yang tidak terduga ini?

1. Perubahan Pada Kulit

Bercak atau noda gelap layaknya seperti beludru ini biasanya akan muncul pada bagian belakang leher, tulang pangkal jari, atau sikut.Hal tersebut menunjukan bahwa melonjaknya kadar gula darah. Namun munculnya gangguan kulit yang mirip seperti itu juga bisa disebabkan oleh genetika atau kondisi hormonal.

"Kadar insulin yang tinggi bisa mendorong tumbuhnya sel-sel kulit yang dapat membuat terdeteksinya peningkatan kadar gula darah"

Dengan menurunkan berat badan setidaknya 4 hingga 5 kilogram kemungkinan akan membuat kadar gula darah lebih rendah dan mengusir kondisi tadi. Cara lain untuk mengatasi tersebut menurut dokter adalah dengan terapi laser atau topikal retina A.

2. Penglihatan Menjadi Kabur atau Meningkat Tajam

"Mungkin Anda pernah mendengar bahwa penglihatan mata menjadi kabur merupakan gejala diabetes, namun ternyata pandangan mata yang malah meningkat menjadi jelas atau tajam tanpa memerlukan kacamata juga merupakan gejala diabetes" kata Howard Baum, MD, seorang asisten profesor kedokteran di divisi diabetes Vanderbilt University.

"Ketika pasien saya kadar gula nya meningkat penglihatan mereka jadi membaik, setelah menjalani pengobatan ternyata mereka kembali menggunakan kacamata"

Hal ini disebabkan oleh kadar cairan di dalam tubuh yang berpindah, termasuk cairan di bagian dalam mata yang membuat penglihatan yang tak menentu.

3. Merasa Gatal Tanpa Henti

Ternyata diabetes menyebabkan terganggunya sirkulasi darah yang dapat menyebabkan kulit gatal dan kering.

"Beberapa pasien yang baru didiagnosis dengan diabetes mengatakan bahwa mereka merasa gatal pada kaki dan tangan. Hal tersebut adalah sesuatu yang harus dianggap sebagai simptom oleh para dokter," kata Baum.

Jika dengan menggunakan pelembab biasa masih belum mengurangi rasa gatal Anda, laporkanlah hal ini ke dokter.

4. Pendengaran Berkurang

Jika Anda belakangan ini mulai sering mengeraskan volume perangkat elektronik atau tidak bisa mendengarkan percakapakan orang lain dengan jelas, coba Anda melakukan tes gula darah ke dokter.

Hal ini di ungkap dalam studi National Institute of Health mengatakan kehilangan pendengaran bisa jadi merupakan gejala awal dari diabetes.

Seseorang dengan gula darah di atas normal tetapi belum memenuhi kriteria diabetes, mempunyai kemungkinan sebanyak 30% untuk mengalami gangguan pendengaran dibandingkan mereka yang memiliki kadar glukosa yang normal.

Para peneliti percaya, bahwa diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf pada bagian dalam telinga yang bisa menyebabkan berkurangnya pendengaran.

5. Mendengkur Seperti Gergaji

Ketika Anda sedang mengalami mendengkur keras pada saat tidur, termasuk saat tidur siang, ada baiknya Anda mencoba melakukan pemeriksaan pada kadar gula darah.

Salah satu penelitian yang dilakukan di Kanada menunjukkan bahwa 23% pasien apnea yaitu gangguan tidur obstruktif ringan atau sedang, memiliki kemungkinan terkena diabetes dalam waktu 5 ½ tahun setelah diagnosis apnea ditegakkan.

Hubungan keduanya tidak sepenuhnya benar-benar dipahami, namun ada satu benang merah yang butuh diperhatikan yaitu pasien dengan gangguan napas saat tidur cenderung untuk melepaskan hormon stres ini bisameningkatkan kadar gula darah.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Baca Kesehatan - All Rights Reserved - BLAGIOKE